Search

Pohon Gaharu

Diposting oleh Ramadhan Sebelas on Jumat, 04 Januari 2013

Pohon Gaharu, kini menjadi primadona untuk petani Kalimantan Barat sejak 3 Tahun yang lalu dan menjadi investasi masa depan yang menjanjikan dikarenakan tingginya nilai jual dari getah pohon gaharu ini, disisi lain kemudahannya dalam hal penanaman karena pohon gaharu ini sangat cocok untuk kawasan tropis.Pohon Gaharu merupakan salah satu jenis pohon dikotil yang cocok hidup didaerah tropis, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi dari daun hingga akarnya dikarenakan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari margaAquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum.
Untuk masalah harga dari getah pohon gaharu terbilang bervariasi, tergantung pada kulitas dari pohon gaharu itu sendiri, biasanya berkisar di angkat Rp5-20 juta per kilogram. Untuk getah gaharu yang memiliki kualitas rendah dan berwarna kuning laku dijual Rp5 juta per Kg, sedangkan untuk getah pohon gaharu yang berwarga hitam atau dengan kualitas baik laku dijual Rp15-20 juta per Kg. Sekarang ini yang menjadi primadona dalam proses budidayanya adalah jenis Gyrinops spp. Dan Aquilaria spp. Oleh karena itu jual bibit gaharu aquilaria mallacencis dan gyrnops sangat lag laku dan diminati masyarakat untuk dibudidayakan. Pohon gaharu menurut “jual bibit gaharu aquilaria mallacencis “ bisa berkembang dengan baik pada lahan dataran rendah hingga perbukitan hingga mencapai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dengan kondisi tanah lembut liat berpasir (pH : 4,0 – 6,0). Pola tanam pohon gaharu menurut “jual bibit gaharu aquilaria mallacencis “ bisa dilaksanakan dengan monokultur (sejenis) dan polikultur (campuran).untuk Penanaman pola monokultur dilakukan dalam lahan kosong dengan jarak 2 x 2 m, 2 x 3 m dan 3 x 3 m. Sedangkan penanaman pola dikultur dapat dilakukan bersama dengan tanaman keras lainnya seperti : coklat, karet, kopi, kelapa sawit, sengon atau ditanam dalam pekarangan/perladangan yang sudah ada kumpulan tanamannya (pengkayaan).
Gaharu memiliki nilai harga mulai dari 100.000 – 50 juta/kg tergantung asal species pohon dan kualitas gaharu. Sedangkan minyak gaharu umumnya disuling dari gaharu kelas rendah (kemedangan) memiliki harga mulai dari 50.000-100.000/ml dan harganya bisa lebih tinggi lagi.
Untuk penjualan bibit Gaharu saat ini telah naik dengan harga kisaran Rp,15.000,- hingga 25000,-/batang. Untuk dipontianak sendiri harga bibit Gaharu Rp,20.000,- dengan biaya transportasi gratis serta minimal pemesanan bibit 100 batang
Untuk pemesanan bisa hubungi kami melalui sms/telepon di nomor : **********
Untuk lebih jelas silahkan lihat situs berikut.
http://kayugaharu.org/
http://gaharuku.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar